Motor adalah alat yang merubah energi litrik menjadi gerak, secara struktur motor dengan generator sama, hanya saja konstruksinya dibuat berbeda mengikuti fungsinya digunakan dimana motor itu.
1.
MOTOR ARUS SEARAH
jenis rangkaian motor DC sama dengan generator DC yaitu :
a.
Motor penguat terpisah
Adalah motor yang memiliki lilitan
penguat medan magnet terpisah dengan rangkaian kelistrian motor tsb, dan
lilitan penguat tersebut disuplai dengan sumber tegangan sendiri.
b.
Motor penguat sendiri
Adalah motor yang lilitan penguat medan magnetnya
disambung dengan rangkaian kelistrikan motor. Jenis motor penguat sendiri yaitu
:
1.
Motor shunt motor yang lilitan penguat medan magnetnya disambung parallel dengan
lilitan jangkarnya.
2.
Motor seri motor yang lilitan penguat medan magnetnya disambung seri dengan
lilitan jangkarmya.
3.
motor kompon yang lilitan penguat medan magnetnya disambung seri dan parallel
dengan lilitan jangkarnya.
c.
Daya dan Efisiensi motor
Besarnya daya-daya pada motor dapat dicari dengan rumus:
Pin = V . I
Pa = Ea . Ia
Pout = Pa - Pint+ges T
2π n/60
Pint+ges = Ea . Ia (saat beban
kosong)
efisiensi motor sebagai berikut :
efisiensi motor sebagai berikut :
ηmot
= Pout/Pin
d.
Besarnya GGL induksi motor
Besarnya GGL induksi pada lilitan
jankar data ditentukan dengan rumus:
Ea = P.Φ.(Z/A).(n/60) = k.Φ.n/60
e.
Torsi Motor
Besarnya torsi motor adalah T = P/(2π n/60) Nm
Pengawatan motor
DC
a.
Motor
shunt
b.
Motor
seri
c.
Motor
kompon panjang
d. Motor Kompon pendek
Karakteristik Motor DC
1.
Grafik
n = f(I) motor shunt, seri kompon panjang
pada analisis ini motor kompon pendek tidak kita bahas karena karakteristiknya menyerupai kompon panjang
dari grafik dapat kita lihat bahwa motor shunt memiliki putaran yang cenderung tetap meski beban dinaikkan, sedangkan motor kompon panjang dan motor seri putarannya turun seiring naiknya arus/besar beban. hanya motor seri mengalami penurunan yang drastis ketika beban motor semakin besar
2.
Grafik
ηm = f(I) motor shunt, seri kompon panjang
untuk efisiensi motor seri konstan dan paling baik, sedangkan motor kompon panjang dan shunt nilai efisiensinya smakin baik jika beban motor semakin besar (dengan ketentuan sampai beban maksimum motor)
semoga bermanfaat
terimakasih atas kunjungannya
terimakasih atas kunjungannya
iki dudu tugas kuliah ta man?
ReplyDeleteseka pelajaran kuliah, hasil praktikum mesin listrik mas pelajarane Pak Djoko
Deleteitu buat tabel di excelnya gimana?
ReplyDelete