Translate

Sunday 23 March 2014

Aplikasi Relay : Rangkaian Berurutan dan Bergantian (Manual)

Dalam sistem kontrol hanya mengenal 3 sistem gerak atau urutan yaitu (1) berurutan, (2) bergantian, kemudian (3) bersamaan, ketiganya berlaku untuk rangkaian manual maupun otomatis, Untuk sistem ketiga tidak perlu kita bahas mendalam. kode yang digunakan "+" untuk ON dan "-" untuk OFF

Rangkaian yang akan kita buat adalah "MANUAL" yaitu untuk menyalakan menekan tombol ON dan mematikannya kita harus menakan tombol OFF. sudahkah kalian memiliki FLUIDSIM karena projek ini kita simulasikan di fluidsim. jika belum punya mendownload silakan buka pos ini :



Dalam perancangan kontrol yang harus kita asah adalah logika berfikir yaitu mengikuti alur sistem yang dikehendaki, agar mudah sebagai dasar untuk menyalakan kita butuh kontak open dan untuk mematikan kita butuh kontak close, kedua jenis kontak tersebut dalam penempatanya dapat kita seri untuk rangkaian penunda nyala, mematikan dan paralel untuk penahan/pengunci dan penunda mati

BERURUTAN MANUAL (1+ 2+, 1- 2- )
rangkaian berurutan manual pertama. kasus kita adalah menyalakan 2 buah lampu L1 dan L2 yang akan menyala berurutan sebagai berikut :
L2 ON hanya jika L1 sudah ON, L2 OFF hanya jika L1 sudah OFF

L1 ON --> L2 ON, L1 OFF --> L2 OFF

BERURUTAN MANUAL (1+ 2+, 2- 1- )
rangkaian berurutan manual kedua. kasus kita adalah menyalakan 2 buah lampu L1 dan L2 yang akan menyala berurutan sebagai berikut :
L2 ON hanya jika L1 sudah ON, L1 OFF hanya jika L2 sudah OFF

L1 ON --> L2 ON, L1 OFF --> L2 OFF

BERGANTIAN MANUAL (1+ 2-, 1- 2+  )
rangkaian bergantian manual. kasus kita adalah ada 2 buah lampu L1 dan L2 yang akan menyala bergantian sebagai berikut :
L2 ON hanya jika L1 sudah OFF, L1 ON hanya jika L2 sudah OFF

L1 ON --> L2 OFF, L1 OFF --> L2 ON


ketiga rangkaian tadi merupakan rangkaian kontrol manual dasar, Selamat Mencoba............!
untuk yang menginginkan filenya projek fluidsimnya bisa download disini :



Semoga bermanfaat, jika ada pertanyaan silakan masukkan komentar di bawah

terimakasih sudah berkunjung


No comments:

Post a Comment