Translate

Saturday 6 September 2014

Counter 1 Digit

Counter adalah rangkaian pencacah atau rangkaian logika sekuensial yang digunakan untuk menghitung jumlah pulsa yang masuk.

IC Counter tersedia dalam bermacam-macam seri antara lain SN 7490, 7492, 7493. Dalam percobaan ini digunakan counter dengan type SN 7490 yang digunakan sebagai counter BCD/Pembagi 10/Decade counter. Counter ini terdiri dari 4 buah JK Flip-Flop. Terminal Reset digunakan untuk mengembalikan semua outputnya ke logic “0”. untuk masing - masing karakteristiknya kita bahas lain kali.

Digit Counter :

Rangkaian 1 digit counter ini dapat digunakan untuk melakukan perhitungan pulsa-pulsa logic, maksimum penunjukannya adalah 9. Pada pulsa yang ke-10 rangkaian ini dengan sendirinya akan memberikan penunjukkan “0” pada displaynya. Hal yang sama dapat juga dilakukan dengan me Reset rangkaian counter ini.
Rangkaian 2 digit counter ini dapat digunakan untuk melakukan perhitungan pulsa-pulsa logic, maksimum penunjukannya adalah 99. Pada pulsa yang ke-100 rangkaian ini dengan sendirinya akan memberikan penunjukkan 0 0.
Untuk membuat 2 digit counter digunakan 2 unit decade counter yang terhubung secara seri karena input A dari rangkaian decade counter yang kedua mendapat pulsa-pulsa logic dari output D decade counter yang pertama, sehingga untuk setiap 10 pulsa input yang dihitung oleh rangkaian decade counter yang pertama akan memberikan 1 pulsa logic ke input A dari rangkaian decade counter kedua.

gambar di atas merupakan contoh rangkaiannya untuk counter 1 digit dengan IC 7490. IC 7447 merupakan dekoder untuk BCD ke 7segmen sebagai penampil

No comments:

Post a Comment